PKL SISWA KELAS INDUSTRI TKRO SMK WIWOROTOMO PURWOKERTO DI PT. SUMBER BARU ANEKA MOTOR SEWILAYAH AREA JATENG DAN DIY TAHUN 2023

PKL SISWA KELAS INDUSTRI TKRO SMK WIWOROTOMO PURWOKERTO DI PT. SUMBER BARU ANEKA MOTOR SEWILAYAH AREA JATENG DAN DIY TAHUN 2023

Pelaksanaan program Praktek Kerja Lapangan ( PKL) bagi sekolah Kejuruan/ SMK merupakan suatu Program wajib yang harus di penuhi dan dilaksanakan oleh seluruh siswa SMK baik di jenjang kelas XI arau di Kelas XII sebagai prasyarat Kelulusan pada akhir jenjang.  Adapun kegiatan pelaksanaan PKL ini bertujuan sebagai proses pendekatan dan menyelaraskan antara kurikulum dunia pendidikan yang berbasis industri dengan kebutuhan  tenaga kerja yang cakap, handal, terampil dan berkarakter baik, sesuai dengan kebutuhan dunia industri sekarang ini. Dengan demikian kita berharap adanya hasil yang akan di dapat oleh siswa-siswa yang telah melaksanakan PKL di industri, diantaranya adalah meningkatkan dan memperkuat kompetensi yang di dapat sesuai bidang, pembentukan karakter siswa, disiplin, tanggung jawab, ketekunan, keuletan, kemandirian, empati, dan berjiwa wira usaha. Hal ini telah di jabarkan dalam peraturan mentri/Permendikbud no. 50 tahun 2020 tentang Teknis pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan bagi siswa siswi di SMK kejuruan. PKL dilaksanakan selama enam (6) bulan penuh dengan waktu yang telah di tentukan menyesuaikan dengan kebutuhan lapangan dan industri.

Demikian halnya dengan SMK Wiworotomo Purwokerto pada Konsentrasi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan/TKR yang telah menjalin kerjasama dengan PT. Suzuki Indomobil Sales Jakarta sejak tahun 2015, melalui Main Dealer resmi PT. Sumber Baru Aneka Motor Yogyakarta, telah mengadakan perjanjian kerjasama/ MOU tentang pelaksanaan Siswa PKL di industri. Konsentrasi Keahlian TKR memiliki kelas industri yang bernama Kelas industri Suzuki Sumber Baru, dimana saat pembentukan kelas industri merupakan siswa-siswa terpilih dari hasil seleksi seluruh siswa kelas X pada jurusan TKR dengan melalui tahapan-tahapan khusus berupa tes Psikologi, tes fisik, dan tes wawancara/kepribadian yang di ambil sebanyak 36 siswa.  Dalam pelaksanaan kegiatan PKL dari ke 36 siswa tersebut di bagi menjadi 5 Wilayah Area kerja main dealer Suzuki, diantaranya adalah PT. Sumber Baru Jl. Adi Sucipto Yogyakarta berjumlah 7 siswa, PT. Sumber Baru Jl. Magelang Yogyakata sebanyak 7 Siswa, PT Sumber Baru  Bantul sebanyak 2 siswa, PT Sumber Baru Kota Magelang sebanyak 7 siswa, PT. Sumber Baru  Cilacap sebanyak 4 siswa, dan yang terakhir PT. Sumber Baru Purwokerto sebanyak 11 siswa. Menurut Djoni Santuso, S.Pd selaku Service Area Manager PT. Sumber Baru Yogyakarta, mengatakan kami sangat mendukung dengan adanya program kelas industri dari SMK Wiworotomo PKL di tempat kami, karena kelas industri binaan Suzuki diharapkan memiliki keniatan, ketekunan, keseriusan, kerajin, karakter, dan berintregitas. Hal ini akan mempermudah kami selaku owner SMK Wiworotomo dalam mencari calon-calon mekanik  yang handal, berdedikasi tinggi terhadap tanggung jawab dalam pekerjaan,  dan yang utama adalah mampu menerapkan budara 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) di tempat kerja.

Dalam perjanjian MOU/kerjasama antara antara SMK Wiworotomo Purwokerto dengan PT. Sumberbaru Aneka Motor Yogyakarta antara lain adanya Kurikulum yang telah di sinkronkan dengan industri, guru tamu dari Suzuki R4, distribusi siswa PKL/Magang, serta penyerapan tamatan/Lulusan yang dapat bekerja di PT. Main Dealer Suzuki seluruh Indonesia.

Menurut Setyo Handoko selaku Service Manager PT Sumber Baru Purwokerto sudah ada 2 alumni SMK Wiworotomo yang sudah lama  bergabung di area kerjanya yaitu Firman, dan Alm. Ageng Setya Nugraha sebagai SA/Service Advisor.

Salah satu peserta PKL kelas industri Rafael Muhamad Faza kelas XI TKRO mengatakan dirinya merasa bangga sebagai bagian dari Kelas industri Suzuki karena dapat berkesempatan PKL di tempat yang representatif di bengkel Resmi Suzuki se wilayah area DIY Jateng, ini akan menambah pengalaman, pengetahuan dan membuka wawasan tentang kondisi dunia Industri yang sebenarnya. Dia berharap setelah lulus nanti  bisa bekerja di bengkel-bengkel resmi Suzuki, baik di bengkel main Dealer, maupun di divisi perakitan mobil-mobil Suzuki PT. Suzuki Indo Mobil Sales Jakarta (KI).

Scroll to Top